page contents Tahura Ngurah Rai
Selamat Datang Selamat Menikmati dan Semoga Bermanfaat,Salam Hormat>

Saturday 13 February 2016

Tahura Ngurah Rai


TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) NGURAH RAI
 
Taman Wisata Alam Prapat Benoa ditetapkan sebagai TAHURA Ngurah Rai berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan No. 544/Kpts-II/1993 tanggal 25 September 1993 dengan luas 1.373,50 Ha.


TAHURA Ngurah Rai secara administrasi pemerintahan terletak di Kecamatan Kuta Kabupaten Badung dan Kecamatan Denpasar Kotamadya Denpasar Propinsi Bali, sedangkan secara geografis TAHURA Ngurah Rai terletak pada 1159-11514 Bujur Timur dan 849 Lintang Selatan. Pengelolaan kawasan berada pada Sub Seksi KSDA Badung, Sub Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali, Kanwil Departemen Kehutanan Propinsi Bali.

Topografi
TAHURA Ngurah Rai secara keseluruhan memiliki konfigurasi lapangan adalah darat yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut dan lereng menurun ke arah timur, dengan ketinggian antara 0-3 m di atas permukaan laut.


Iklim
Menurut klasifikasi iklim Schmid dan Ferguson TAHURA Ngurah Rai termasuk tipe iklim E dengan curah hujan rata-rata 1.800 mm per tahun. Suhu udara berkisar antara 22C-28C.

Flora
Keadaan flora pada kawasan TAHURA Ngurah Rai didominasi tumbuhan jenis Sonneratia alba, Duabanga moluccana, Aegiceras corniiculatum, Rhizophora mucronata dan tumbuhan bawah seperti Derris heterophylla dan Acanthus ilicifolius, Rhizophora mucronata dan Avicennia maria.

Fauna
Fauna yang terdapat di dalam kawasan TAHURA Ngurah Rai antara lain berbagai jenis burung seperti : Fregeta minor, Sula leucgaster, Sterna hirundo, Halcyon chloris, Geopelia striata, Streptopelia chinnensis dan Duculaanal, dan Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu sisik (Eretmochelys imbricata) serta Teripang (Echinodermata) dan ditemukan juga jenis Mollusca, Gastropoda, Pelecypoda yang hidup pada sisa-sisa batu karang.

Daya tarik obyek
TAHURA Ngurah Rai merupakan bagian dari kawasan wisata Pulau Serangan, Teluk Banoa dan sekitarnya yang cukup diminati oleh para wisatawan mancanegara maupun nusantara, potensi wisata alam yang cukup menonjol adalah panorama hutan bakau (Ekotourisme) dan adanya kegiatan upacara adat di dalam kawasan Taman Hutan Raya serta panorama pantai yang cukup indah.

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan
Beberapa kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan diantaranya adalah : lintas alam, menikmati pemandangan alam pantai, berkemah, atraksi wisata bahari dan lain-lain.

Sarana kemudahan dan pelayanan
Beberapa fasilitas yang dapat mendukung kegiatan wisata alam di TAHURA Ngurah Rai adalah : jalan masuk, pos jaga, dan jalan setapak.

Pencapaian ke lokasi
Kawasan TAHURA Ngurah Rai terletak pada posisi strategis yaitu kawasan pariwisata Sanur, Nusa Dua dan Kuta, dapat dicapai dengan mudah melalui jalan bypass Sanur - Nusa Dua.

Peluang Usaha Yang Dapat Dikembangkan
Peluang usaha yang dapat dikembangkan di TAHURA Ngurah Rai antara lain adalah : usaha jasa akomodasi dan konsumsi, usaha jasa pemandu wisata alam dan usaha jasa transportasi.  

Alamat Pengelola :
Sub Seksi KSDA Badung / Sub Balai KSDA Bali Jl. Suwung No. 37 Denpasar 80223 Telp. (0361) 720063, Bali


Sumber bacaan utama : Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Dinas Kehutanan Bali

No comments: