page contents SALURAN DISTRIBUSI BARANG
Selamat Datang Selamat Menikmati dan Semoga Bermanfaat,Salam Hormat>

Saturday 26 March 2016

SALURAN DISTRIBUSI BARANG

Saluran Distribusi
Menurut Warren J. Keegan (2003), saluran distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri. Terdapat berbagai macam saluran distribusi barang konsumsi, diantaranya :
1.      Produsen – Konsumen
Bentuk saluran distribusi ini merupakan yang paling pendek dan sederhana karena tanpa menggunakan perantara. Konsumen melakukan transaksi pembelian langsung kepada produsen atau pabrikan. Dalam perspetif harga, transaksi langsung kepada produsen memberikan peluang untuk mendapatkan harga termurah.
2.      Produsen – Pengecer – Konsumen
Produsen mungkin mengambil kebijakan tidak menjual langsung barang/jasa kepada konsumen, namun melalui sejumlah pengecer yang melakukan penjualan kepada pengguna akhir.
3.      Produsen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen
Saluran distribusi ini banyak digunakan oleh produsen, dan dinamakan saluran distribusi tradisional. Di sini, produsen hanya melayani penjualan dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja, tidak menjual kepada pengecer. Pembelian oleh pengecer dilayani pedagang besar, dan pembelian oleh konsumen dilayani pengecer saja.
4.      Produsen – Agen – Pengecer – Konsumen
Di sini, produsen memilih agen sebagai penyalurnya. Ia menjalankan kegiatan perdagangan besar dalam saluran distribusi yang ada. Sasaran penjualannya terutama ditujukan kepada para pengecer besar.
5.      Produsen – Agen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen

Dalam saluran distribusi, produsen sering menggunakan agen sebagai perantara untuk menyalurkan barangnya kepada pedagang besar yang kemudian menjualnya kepada toko-toko kecil. Agen yang terlihat dalam saluran distribusi ini terutama agen penjualan. (Swastha dan Irawan, 1997)

No comments: